Pages

Kamis, 27 Desember 2012

Kanker Lidah


Kanker Lidah


Kanker lidah dapat secara luas diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu kanker mulut, kanker rongga mulut dan kanker orofaringeal. Hal ini dapat mempengaruhi lidah seluruh atau hanya dasar lidah.
Penyebab kanker lidah sangat banyak. Semua kanker lidah jatuh dalam kelompok besar kanker biasa disebut kanker kepala dan leher. Jika kanker lidah adalah di bagian dua pertiga depan lidah, jatuh dalam subkelompok kanker mulut. Dan jika terutama di pangkal lidah, yang di tenggorokan, maka itu dianggap sebagai jenis kanker orofaringeal.
Kanker mulut adalah kanker dalam setiap bagian dari ruang lisan, dan termasuk bibir, pipi, langit-langit, lantai mulut, atau bagian depan dua-pertiga, bagian yang bergerak bebas lidah. Kanker termasuk kanker oropharyngeal yang terjadi di amandel, tenggorokan atau pangkal lidah.
Lidah adalah organ otot khusus yang menyediakan beberapa fungsi. Ini membantu kita dalam mengunyah makanan, membantu kita dalam menelan makanan dikunyah, dan sangat penting untuk berbicara. Lidah juga membantu untuk memindahkan air liur di sekitar rongga mulut, dan menjaga gigi bersih. Bagian depan bebas bergerak lidah melekat ke lantai ruang lisan oleh struktur yang fleksibel disebut frenum. Dan pangkal lidah, yang di bagian atas tenggorokan, adalah tetap dengan tulang yang disebut tulang hyoid. Jika kanker lidah di dasar lidah bermetastasis, dapat meluas ke tulang hyoid sendiri, mempersulit pengobatan dan pemulihan.
Permukaan lidah tampak merah muda-coklat, ditutupi oleh lapisan sel mukosa, dan kasar dalam penampilan. Penampilan kasar berasal dari adanya struktur bergelombang kecil di seluruh permukaan lidah yang disebut papila. Selain itu, pasokan yang kaya saraf terhubung ke rasa hanya di bawah permukaan. rasa didistribusikan di seluruh permukaan lidah. Setiap bagian dari lidah memiliki rasa seperti garam, manis, pahit dan asam.Beberapa pemicu pertumbuhan kanker di lidah antara lain:

* Merokok dan mengunyah tembakau
Ini dapat memicu berkembangnya pada sel skuamosa ditemukan pada permukaan lidah.

* Penyalahgunaan alkohol
Ini juga bertanggung jawab untuk memicu kanker lidah. Kemungkinan seseorang mulai terpengaruh jika ada anggota keluarganya telah memiliki kejadian kanker lidah yang cukup tinggi.


Gejala awal kanker lidah yang harus diwaspadai:
- Benjolan yang terdapat di lidah
- Lidah terasa terbakar
- Mudah berdarah
- Nyeri yang menjalar ketelinga
- Nyeri saat menelan
- Sulit menelan makanan
- Kesulitan untuk membuka mulut (trismus)
- Pembesaran kelenjar leher


Gejala kanker lidah harus ditanggapi dengan serius, untuk itu apabila anda mengalami gejala seperti yang ada pada di atas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk di tangani lebih lanjut lagi.

0 komentar:

Posting Komentar